Naekin Omzet di After Sales

Bismillah…

Judulnya sebenernya kurang ngenakin yak…
Coba diganti yang boom!!! gitu kayak…
omzet naek 100jt cuman Broadcast WA doank!

Bisa kan yaa.. hahaha
Tapi kayak kurang pas sama yang pengen di share.. hahaha
Walaupun intinya pengen naekin omzet juga sih…

Nahh jadi ceritanya saya lagi pegang tim after sales.. alias CRM disini…
Walhasil yang biasa saya lakuin adalah beresin bisnis prosesnya dulu, kulikin lagi sampe mrintil…

Bahkan saya gambarin proses singkat diawal pas meeting…
Saya tanya ke tim…
Ini gimana data flownya…? atau data journeynya… atau perjalanan data lah bahasa mudahnya… hehehee

Nahhh tim cerita dan saya langsung gambar

Izin saya blur ya.. biar gak ngikutin aja sih.. hahaha
Karena setiap bisnis atau jualan punya flownya sendiri-sendiri…

Tapi yang dicari adalah seefektif mungkin dan se efisien mungkin dalam menerapkannya ke operasional…

Karena issue nya di tim saya ini semua masih manual, mau narik data dan analisis kelimpungan

Nahh PR saya adalah mencari solusinya… gimana ini rapihinnya?

Walhasil curhat lah ya sama tim data…
Memang jagonya data dan kasih insight dari sisi luaran yang diluar kebiasaan atau keahlian saya…

Tapi disisi saya, saya pastikan prosesnya dimana ini yang musti di tweak!

Saya breakdown semua dan ceklist beneran…
Beberapa kali meeting ini terjadi…

Nahh diatas adalah breakdown list apa aja ala-ala saya sukanya menggunakan mindmap…

Keliatan apa aja didalamnya…

Walhasil dapatlah inti permasalahan!

yang ujungnya itu tidak bisa tepat sasaran dalam promosi dan melayani customer after sales ini…
Jadi dia uda beli.. tapi program-program pelayanannya kurang tepat…
semua di pukul rata

  • Semua dipukul rata
  • Jenis kontennya itu-itu aja
  • Kebingungan analisis mana customer potensial
    • baik dari segi lokasi
    • produk yang paling sering dibeli (karena ada beberapa produk di tempat saya)
    • berapa yang sudah di belanjakan?
    • terakhir belanja kapan?
    • bulan apa aja belanjanya?
    • mau mengumpulkan yang sudah beli 2x dan 3x dan mau dipisah?
    • Dan berbagai macam segmentasi yang mau dilakukan, ini kerepotan… hehehehe

Intinya.. pusyiaang lahh….

Walhasil… kita rapihkan data menggunakan spreadsheet aja..

Gratisan dulu .. tapi bisa powerfulll…

Nahh dianalisis pake RFM singkat aja… dapatlah angkanya seperti itu

Yang nanya apa itu RFM mas?
Yaa tunggu ya… nanti ada WS nya.. hahahaha

Dari data itu tinggal filter-filter aja ya… biar tau yang active dan bahkan sampe lost
tapi yang menjadi perhatian adalah yang mau menuju jurang kehancuran… halah2.. apa sih mas … hahaha

Jadi kita coba perhatikan yang at risk.. artinya ada resiko ke lost atau bisa di kasih program utk naek ke level active lagi…

Jadi pertanyaan adalah

  • Dari mana ini datanya mas?
  • Kelola datanya gimana?
  • Cara bacanya datanya gimana?
  • Menjadi suatu keputusan untuk eksekusi gimana?
  • Terus data ini diapain nanti untuk menaikkan omzet? (sesuai pembukaan diawal, gimana bisa jadi 100jt…)
  • Dan macem-macem pertanyaan lainnya yang muncul dikepala ini

Monggo yang mau nanya juga boleh di kolom komentar…

Data lain lanjutan ini ada insya Allah.. tunggu aja yaa…

Yang pasti kalau mau bisa nerapin ini ke tim teman-teman
Tau dari hulu ke hilir setupnya…

Langsung aja masuk kesini

Avatar photo
Tangguh Rifqi
Articles: 105

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  +  3  =  9