Membuat target dan strategi lebih realistis untuk dicapai, bisakah? Manfaatkan data!

Sudah dapat dipastikan bahwa agenda rutin yang biasa dilakukan oleh pebisnis dan tim adalah membuat target capaian dan strategi untuk mencapainya, biasanya dalam rapat kerja.

Mungkin kita sudah cukup sering kalau membuat target itu harus SMART (spesific, measurable, achievable, realistic, timely) tapi gimana cara supaya lebih “achievable” dan “realistic”?

Mulailah dari melihat data history yang kita punya.

Memang data history yang kita miliki tidak akan menunjukkan kinerja di masa depan, tapi paling tidak bukan berarti kita jalan tanpa kompas. Data yang kita analisis bisa menjadi kompas untuk menunjukkan arah ke mana kita harus berjalan.

Sebagai ilustrasi, kita menargetkan tim CRM yang bekerja di perusahaan kita dapat mencapai penjualan 3000 pcs per bulan.

Tapi apa kita tau kemampuan tim kita saat ini mampu menjual berapa?

Apakah benar 3.000 pcs per bulan itu realistis?

Apakah dapat achievable?

Atau jangan-jangan kita hanya membuat target berdasarkan ambisi kita tanpa mempertimbangkan hal-hal tsb?

Grafik di bawah ini sebagai contohnya.

Berdasarkan data history, tim CRM kita sudah mampu menjual produk dengan jumlah 1.255 – 2.114 pcs setiap bulan dalam satu tahun. Kalau kita ambil nilai rata-rata, maka rata-rata penjualan tim CRM dalam satu bulan sebanyak 1.688 pcs.

Kemampuan tim masih berada di angka tsb, masih jauh untuk bisa mencapai 3.000 pcs per bulan. Paling tidak kemampuannya berada pada angka 1.414 – 1.962 pcs per bulan.

Loh, kok bukan 1.255 – 2.114 pcs?

Karena kita anggap 1.255 pcs adalah masa “apes” tim CRM kita. Itu titik capaian terendah dalam satu tahun sedangkan 2.114 pcs adalah “keberuntungan”. Normalnya seperti angka yang disebut sebelumnya. Ini bicara data ya, bukan perasaan.

Kita sudah tau kemampuan tim dari data yang berhasil kita olah, masih realistiskah untuk mencapai target penjualan 3.000 pcs dalam satu bulan?

Masih ada satu pertanyaan yang belum terjawab, yaitu achievable-kah?

Untuk menjawabnya kita juga bisa menggunakan data yang sudah kita punya, gimana caranya?

Menghitung peluang tercapainya penjualan sebanyak 3.000 pcs.

Sangat kecil peluang bagi tim CRM mencapai penjualan hingga 3.000 pcs per bulan!

Tapi kita tetap menuju ke angka 3.000 pcs per bulan…..

Kalau begitu strategi untuk mencapai ke sana perlu dipersiapkan dengan baik.

Kita gali kembali kondisi yang existing saat ini:

  1. Untuk mendapatkan penjualan seperti saat ini, ada berapa anggota tim CRM kita?
  2. Dari sekian banyak anggota tim CRM, seperti apa produktivitasnya?
  3. Ada berapa banyak customer kita dan berapa persen yang berhasil repeat order?
  4. Strategi marketing apa yang sudah kita lakukan dan inovasi strategi seperti apa yang kita hadirkan untuk bisa mencapai target di 3.000 pcs per bulan tsb?

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!?

Mau diskusi bareng?

Yuk, gabung di sini.

Muhammad Arna
Arna Ramadhan
Articles: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65  +    =  72