Prediksi total conversion dengan machine learning sederhana

Apa mungkin seorang digital marketer bisa melakukan prediksi total conversion dari strategi yang diterapkan dalam campaign-nya?

Kalau untuk urusan A/B testing sebelum campaign dijalankan, rasanya sudah sangat dipahami oleh teman-teman digital marketer. Tapi sayangnya, data-data yang sudah terkumpul seringkali diabaikan atau belum dimanfaatkan secara optimal.

Padahal data yang kita punya bisa kita buat machine learning sederhana untuk memprediksi hasil dari campaign yang akan dijalankan, misalnya total conversion.

Pasti punya kan data seperti di bawah ini?

Kita bisa mulai membuat model machine learning sederhana hanya dengan spreadsheet. Gak perlu muluk-muluk harus yang advance, seenggaknya kita tau algoritmanya berjalan dulu. Selebihnya nanti tinggal belajar bertahap. Hehe…

Dari data di atas, kita mau memprediksi total conversion berdasarkan spending, impression, dan click. Gambarannya kira-kira seperti ini.

Berapa sih total conversion yang akan kita dapatkan jika spending xxxxxx, impression yyyyyyy, dan click zzzzzzzzzzz?

Singkat cerita, kita dapatkan model sederhanya seperti ini…

Total conversion = 1.91 + 0.000018*spending + 0.000042*impression – 0.0014*click

Dapat angka itu dari mana, mas?

Insya Allah nanti kita bahas di workshop bulan depan, hehehe…

Simulasi yang kita lakukan dengan model di atas, seperti ini:

Jadi dari model di atas, kita coba dengan mengeluarkan spending 1 juta, kemudian ada 40 ribu impression, dan total klik 1.500 maka berapa total conversion yang akan diperoleh?

Hasil prediksinya adalah 16 total conversion.

Tentunya ini salah satu contoh machine learning sederhana yang bisa kita buat melalui spreadsheet. Dan pastinya bisa diterapkan bukan hanya di data ads tersebut!

Lebih lengkap kita bahas di sini insya Allah.

Avatar photo
Arna Ramadhan
Articles: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3  +  3  =