Dashboard analytics, tools sederhana yang bikin bisnis melejit!

Udah akrab kan dengan istilah dashboard analytics? Para imers atau digital marketer kudunya udah sangat dekat dengan dashboard analytics, ya minimal familiar di telinga dan sering terngiang orang-orang menyebut dashboard analytics.

Sebenarnya apa sih dashboard analytics itu?

Jadi, dashboard analytics ini merupakan tampilan visual yang berguna untuk memantau data dan menganalisis data yang memang berkaitan dengan bisnis. Untuk apa? Pengambilan keputusan dan bekal melangkah lebih jauh yang membawa bisnis ke tujuan yang akan dicapai. Biasanya dashboard analytics ditampilkan dalam satu tampilan layar, bisa web-based maupun mobile.

Salah kaprah tentang dashboard analytics!

Sebagian imers atau digital marketer seringkali salah kaprah soal dashboard analytics. Biasanya terlalu menganggap sempit urusan dashboard analytics, seperti tampilan yang hanya memperlihatkan kinerja dari suatu kampanye atau iklan. Benar nggak?

Atau sering juga dimaknai sebagai dashboard yang hanya menampilkan kinerja bisnis yang dilihat dari sisi penjualan atau sales?!

Isinya ya jangan ditanya, tidak jauh dari kuantiti penjualan, omzet, jumlah customer, atau margin diperoleh dari penjualan yang berhasil diperoleh.

Nyatanya, dashboard analytics ini bisa mencakup semua lini bisnis! Itu makanya tools sederhana ini bisa bikin bisnis melejit. Kok bisa? Yuk kita bahas lebih lanjut…

#1 Dashboard analytics untuk inventori

Satu fungsi yang bisa dimanfaatkan dari dashboard analytics ini untuk mengelola inventori atau singkat kata untuk memantau stok dari produk yang kita produksi, distribusikan, atau kita jual!

Dengan adanya dashboard analytics yang memperlihatkan inventori atau stok, tentu akan sangat membantu tim marketing dan sales bagaimana mengoptimalkan pemasaran dan penjualan agar stok yang ada segera keluar.

#2 Dashboard analytics untuk digital marketing

Ini pasti sudah paham kan?

Di dashboard analytics untuk digital marketing ini, bisa menampilkan banyak hal seperti total spending iklan, impresi, klik, konversi, cost per result, dan lain sebagainya yang pastinya teman-teman imers dan digital marketer sudah paham betul apa yang harus diukur dan dievaluasi.

Tidak cukup sampai di situ, dashboard analytics ini juga bisa dikembangkan dengan menggabungkan berbagai kanal yang dijalankan sehingga kita bisa memantau kanal mana yang memberikan hasil maksimal dengan biaya iklan yang mungkin minimal.

Dengan memantau kinerja tiap kanal dalam satu tampilan dashboard analytics tentunya bisa sangat membantu tim atau bisnis untuk mengalokasikan biaya marketing di kanal yang tepat!

#3 Dashboard analytics untuk KPI team

Dashboard analytics juga bisa kita manfaatkan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja tim.

Apakah tim kita bisa mencapai target?

Apakah ada gap yang signifikan antar anggota tim?

Adakah ada anggota tim yang memang tidak berkinerja?

Semua hal yang berkaitan dengan tim atau anggota tim kita bisa dipantau juga dalam satu dashboard analytics. Tentu akan sangat memudahkan bagi bisnis owner atau decision maker untuk melihat bisnis secara helicopter view. Bukannya marketing dan sales, tapi juga kinerja individu tim!

#4 Dashboard analytics untuk mitra bisnis

Bagi kita yang menjalankan bisnis melalui kemitraan atau keagenan, dashboard analytics juga bisa kita manfaatkan untuk memantau seperti apa kinerja mitra dan agen bisnis kita.

Atau kita tidak menjalankan kemitraan, namun ada banyak toko maka ini juga bisa kita manfaatkan untuk dipantau dan dievaluasi melalui dashboard analytics sehingga kita akan tahu dan paham mitra atau toko mana yang berkinerja baik atau tidak. Produk apa yang unggul di mitra A dan mitra B atau toko C bahkan toko D?

#5 Dashboard analytics untuk produk

Dashboard ini sangat cocok untuk yang memang mempunyai banyak produk atau bahkan seringkali launching produk baru sehingga bisa mengetahui dengan pasti mana saja produk yang diterima dengan baik oleh customer.

Penutup

Demikian beberapa dashboard analytics yang bisa dimanfaatkan untuk membuat bisnis kita semakin melejit. Tentunya hampir di semua aspek yang berkaitan dengan bisnis bisa dianalisis datanya untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Ilustrasi dashboard yang ada di atas, semua dibuat dengan looker studio punya Google. Ternyata bisa sangat powerfull dan bermanfaat untuk bisnis jika dioptimalisasi dengan tepat.

Berani coba jadi data-driven?

Avatar photo
Arna Ramadhan
Articles: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9  +  1  =