Perbedaan Omnichannel Marketing VS Multichannel Marketing

Bismillah

Kali ini saya lagi kepikiran ini, apa bedanya ini yaa?
Intinya kayak sama aja.. banyakin saluran aja… Bener ga?

Tapi ternyata ada perbedaan yang berbeda perihal Perbedaan omnichannel marketing VS multichannel marketing ini

Serupa tapi tak sama

Jadi ada perbedaan fundamental yang keliatan banget kalau disimak seksama
Yuk kita lihat perbedaannya secara singkat

1. Integrasi Channel:

  • Omnichannel marketing: Mengintegrasikan semua channel marketing (online dan offline) untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang seamless dan konsisten.
  • Multichannel marketing: Mengoperasikan berbagai channel marketing secara terpisah, tanpa fokus pada integrasi.

2. Pengalaman Pelanggan:

  • Omnichannel marketing: Fokus pada menciptakan pengalaman pelanggan yang terpadu dan personal di seluruh channel.
  • Multichannel marketing: Memberikan pengalaman pelanggan yang berbeda di setiap channel.

3. Data dan Analytics:

  • Omnichannel marketing: Mengumpulkan dan menganalisis data dari semua channel untuk memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan strategi marketing.
  • Multichannel marketing: Mengumpulkan data dari each channel secara terpisah, sehingga sulit untuk mendapatkan gambaran utuh tentang perilaku pelanggan.

4. Biaya dan Kompleksitas:

  • Omnichannel marketing: Membutuhkan investasi yang lebih besar untuk membangun infrastruktur dan teknologi yang terintegrasi.
  • Multichannel marketing: Lebih murah dan mudah untuk diimplementasikan, namun kurang efektif dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang terpadu.

Contoh:

  • Omnichannel marketing: Seorang pelanggan melihat iklan produk kita di media sosial, kemudian mengunjungi website untuk mempelajari lebih lanjut, dan akhirnya membeli produk di toko fisik.
  • Multichannel marketing: Seorang pelanggan melihat iklan produk di TV, kemudian mencari informasi produk di internet, dan akhirnya membeli produk di toko online.

Dilihat dari penjelasan diatas, ada sedikit kepikiran kalau mau garap, harus pilih yang mana ya?

Omnichannel marketing menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan personal, namun membutuhkan investasi yang lebih besar.
Multichannel marketing lebih murah dan mudah untuk diimplementasikan, namun kurang efektif dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang menjadi satu kesatuan.

Jadi posisi Anda ada dimana?

Melihat kebiasaan netizen yang masih suka beli di WA
Saya pribadi masih di tahap multichannel ya…

  • Kepapar di Meta, dengan konten A
  • Ehh user lihat juga di IG, kontennya beda lagi konsepnya
  • Pas cek Marketplace, gitu2 doank tampilan tokonya
  • Ke tiktok ketemu lagi, adanya live dan dengan message yang berbeda
  • Pas masuk ke WA jualannya hardesell mulu..

Hahahaha
Begitulah realitanya yaa…

Jadi walaupun berbeda-beda channel…
Sebenarnya tujuannya sama, pengen ada pelanggan baru dan berkelanjutan membeli di kita yaa… ituhh!!

Semoga dengan join di kelas DDDM kita bisa melakukan pemasaran yang walaupun masih di tahap multichannel tapi bisa terukur dengan baik dari semua penjuru channel yang digarap 🙂

Oia ada sedikit Tips:

  • Pilihlah strategi marketing yang paling sesuai dengan target audiens, produk, dan anggaran Anda.
  • Gunakan data dan analytics untuk mengukur dan mengoptimalkan strategi marketing Anda.
  • Pastikan semua channel marketing Anda terintegrasi dengan baik untuk memberikan pengalaman pelanggan yang seamless.

Untuk bisa melihat lebih detail 3 tips ini ada semua di paparkan di kelas DDDM ya 🙂

Avatar photo
Tangguh Rifqi
Articles: 101

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6  +  2  =