Cara Mengelompokkan Iklan dan Kata Kunci ke Dalam Grup Iklan

Bismillah..
kali ini sesekali bahas Google Ads yaa… 🙂 , tentang Cara Mengelompokkan Iklan dan Kata Kunci ke Dalam Grup Iklan
Nahh mungkin cara ini sederhana…

Tapi kadang kita belum ngehh WHY nya kenapa kita kelompokkan?
Atau bahkan kenapa harus di kelompokkan sih?
Emang perlu ya di kelompokkan?
Gak boleh apa barengin aja? apalagi budget saya kecil nih… 🙂

Nahh itu kurang lebih sekelumit pertanyaan yang mungkin aja muncul di Kamu yaa…
Ternyata sadar ga sadar saya juga melakukan ini ke campaign saya…

Kalau mudahnya kita memberikan plot masing-masing seperti kategori…
Nahh…
Kategori ini dipisahkan sesuai dengan “apa yang mau kita pisahkan”

Makin keder deh mas…. wkwkwkwwk

Yowiss kita pake contoh yaaa…

Tapi sebelumnya kenapa musti di kategorikan dulu nih dan dijadikan ke Grup iklan?

Ini dia jawabannya dari yang mpunya google

Untuk menampilkan iklan yang lebih relevan kepada calon pelanggan, kelompokkan iklan dan kata kunci Anda ke dalam grup iklan berdasarkan produk, layanan, atau kategori lainnya. Relevansi cenderung menghasilkan iklan yang berkualitas lebih tinggi.
Grup iklan adalah grup kata kunci dan iklan yang memiliki tema serupa.

Nahh udah kebayangkan yaa dari maksudnya aja udah keliatan bahwa untuk tingkat relevansi yang lebih baik…

Jadi sebagai contoh kalau Kamu mau menjalankan campaign di Google Ads yaa…

Saya sajikan real case sekalian deh.. biar berasa apa yang musti dilakuin… #SemogaBermanfaat yaa…

Nahhh misal casenya saya menjalankan campaign Konveksi
Nahh ini model bisnisnya coba Kamu pastikan apa aja yang bisa dikerjakan..
Alias bisa produksi apa aja nih di konveksi ini…

Misal saya menetapkan 2 kategori :

  • Konveksi Baju
  • Konveksi Kaos

Nahh dari 2 ini Kamu bisa menetapkan jenis kata kuncinya.. misal menggunakan :

  • Broad
  • Frasa, atau
  • Exact yaa…

Ok kita coba bikin kata kuncinya untuk dimasukkkan kedalam 2 kategori, artinya akan kita buat 2 grup iklan yaa didalam 1 campaign…

Kata Kunci : Konveksi Baju

  1. Konveksi Baju
  2. Konveksi Baju Anak
  3. Konveksi Baju Kerja
  4. Konveksi Baju Sekolah
  5. Konveksi Baju Tidur
  6. Konveksi Baju Komunitas
  7. Dllnya yaa…

Sebagai contoh saya menggunakan tools keyword research dibawah ini

Konveksi Baju

Nahh keliatan yaa.. disini banyak keyword yang bisa kita grupkan.. bahkan di tools ini sudah di grupkan.. bisa lihat di sisi kita… ada pengelompokannya yaaa..

– Bandung
– Anak
– Murah
– Dstnya…

Nahh ini bisa kita gunakan untuk kemudahan kita…
Nahh belum lagi keyword diatas ini bentuknya Broad..

Kamu bisa mengacak-acak.. halah2.. bahasanya kok mengacak-acak ya.. hahaha

Jadi bisa membuat variannya dengan tools ini, ini memudahkan juga… Keyword Mixer buatan mas Renra.. josslah idenya!!

Keyword Mixer

Udah kebayangkan?

Nahh selanjutkan kita buat kelompok yang ke 2

Kata Kunci : Konveksi Kaos

Sekarang kiat liat apa yang bisa kita kelompokkan dari kata kunci utama ini…
Gak pake lama-lama.. saya pake tools aja biar ga pusing dan meringkees waktu dan otak ini… kadang pas lg ga ada ide dan mentok..

Maenan saya yaa tools.. siapa tau dia mendatangkan ide dan strategi yang baru-baru.. hehehee

Cara Mengelompokkan Iklan dan Kata Kunci ke Dalam Grup Iklan
Kata Kunci Konveksi Kaos
  1. Konveksi Kaos Bandung
  2. Konveksi Kaos Polos
  3. Konveksi Kaos Terdekat
  4. Konveksi Kaos Murah
  5. Konveksi Kaos Jakarta
  6. Dan seterusnya yaa….

Nahh ini bisa kamu buat untuk Grup Iklan yang ke-2

Udah deh..
Jadi Kamu bisa melihat performa dari masing-masing grup ini…

Jangan lupa setupnya jangan broad2 banget ya…
Atur sedemikian rupa budget dan penggunaan Broad, Frasa atau Exact…

Mana kata kunci yang mau dikuasai
Mana kata kunci yang mau di gass habis2an…

Pokoknya secerdik mungkin siapin strateginya
Tak lupa MENGANALISIS nya.. ini part yang sangat penting…

Next lah yaa.. maenan analisis2an ala saya…

Ok itu aja dulu.. semoga bermanfaat tulisan kali ini..

Tips : Dalam 1 Grup Iklan buatlah 2-3 ads yaa… 🙂

Cara Mengelompokkan Iklan dan Kata Kunci ke Dalam Grup Iklan

Oiaa lupaa, sebagai bukti cara ini proven juga saya sertakan campaign saya yaaa…
Biar makin cuespleng dan sweger liatnya…

Dari gambar diatas saya jalankan uda >3 bulan sepertinya..
Ini punya klien…

Jadi tak setup2.. udah tinggal tidur…hahahaa #Canda

Walhasil dari pemain baru.. bisa naik dan nangkring terus di 1…
Baik menggunakan data kemarin
7 hari lalu
30 hari lalu
masih di 1 rank nya…

Sampe bermunculan kompetitor sampe 20 domain… ckckckcck sadisssss…

Alhamdulillah Allah mudahkan semua prosesnya… Gaskeunnn!!!

Pertanyaannya, apakah rank 1 udah pasti PROFITEBEL?

Default image
Tangguh Rifqi
Articles: 17

Leave a Reply

11  +    =  15