Tools Gratis Analisis Kompetitor Anda di Facebook, Instagram, Google+, Youtube dan Twitter

Apa sih pentingnya menganalisis kompetitor untuk kemajuan brand kita? ini ada sedikit share tentang tools yang saya pakai untuk analisis sosial media kompetitor, semoga bermanfaat ya :D

Halohaa…

Kayaknya minggu ini nulis tentang tools lagi enak dan lagi kepengen 😀
Biar makin banyak yang rasain manfaat dan nambah knowledge lah minimal ya perihal dunai per-tools-an

Tools ini menurut saya lebih dari dari cukup
Karena bisa analisis di 5 traffic yang gede-gede ya..
Ada facebook, Instagram
Ok langsung aja tools apa yang bisa analisi kompetitor Anda VS Brand Anda?

Disini saya mencontohkan brand Tokopedia dan Bukalapak (hanya sebagai contoh)

Contoh Brand Yang di jadikan sample tools ini

Ok sedikit sharing perihal analisis kompetitor
Ada sebagian yang menganggap hal ini penting
Ada juga yang beranggapan sangat penting!
Ada yang biasa-biasa aja…
Saya pribadi termasuk ke bagian yang ketiga, jadi saya anggap biasa-biasa aja.. hahaha

Karena kalau saya pribadi terlalu fokus sama analisis kompetitor khawatir akan malah gagal fokus sama goal kita, terlebih sampe ngerusak timeline atau ritme kinerja tim..
Hancur dah!! hahaha..

Jadi analisis kompetitor boleh-boleh aja..
Tapi yaa… jangan berlebihanlah ya…
Sebagai wawasan aja dan informasi
Atau saya suka menjadi bahan evaluasi tim, suka saya bilang..
“Tuh liat brand yang setipe.. dia sudah melakukan ini dan itu.. kita minimal bisa mengambil pelajaran atau insight, atau pola yang ada di kompetitor”

Karena dari saya pribadi kalau kita fokus dengan kompetitor, maka kita secara ga langsung jadi “followernya” bukan menciptakan sesuatu atau trendsetter lah ..
Fokus aja sama kemampuan kita dan tim
bikin timeline..
jadikeun!
evaluasi!
dan upgrade teruss… teruss dan teruss… 😀
Sampe ketemu dimana titik maximal kemampuan kita di dalam tim
dan sampai di titik ternyata kita sudah melangkah lebih jauh dari sebelumnya… 😀

sip, sip ya? 😀

ok lanjut kegunaan tools ini 😀

Gambar di atas kita bisa lihat yaa..
Temanya brand activity 🙂
Dari tanggalnya juga bisa di custom dan kita bisa lihat brand kita berada dimana 😀

Nahh… ini uda keliatan dan paling di ditunggu-tunggu
Seberapa besar engagement audience dengan brand kita
Perihal ini jelas lah ya.. engagmentnya terhadap konten yang ada di Fanpage
Karena pembanding ini yang tak pake hanya di FanPage, sip-sip..

Lanjott?
Lanjott pak ekooo

Nahh.. part ini asik juga ya..
Bisa munculin reactions, comment, like dan share 😀
Jadi kita tau brand kita seberapa besar dibanding kompetitor kita 😀
Minimal tim kita jadi tau, udah sekenceng apa bikin kontennya dan berhasil membuat kontennya 😀

Part ini kita bisa lihat di range tgl 5 oktober – 11 oktober ada result yang jomplang ya..
MP ijo naek drastis dan ada komen sampai dengan 3211, sedangkan MP merah hanya 170

Nahh begini kan asik ya..
jadi buat evaluasi dan bisa tengok-tengok kompetitor lakuin apaan sih kok bisa banyak begitu komennya
Atau sebaliknya
Brand kita yang banyak komen, justru malah brand kita yang sedang di analisis sama kompetitor kita… hehehe
Alias tim konten marketing dkk-nya sukses ni mendatangkan engagment 😀

gambar di atas juga menunjukkan konten-konten apa aja yang bisa di tampilkan
di versi yang free ini hanya bisa menampilkan “most succeful content”
Ok di bawah tak tunjukin yang versi paidnya ya 🙂

——————————–

Gambar dan review di bawah masuk ke ranah paid yaa, alias sudah login ke tools yang versi berbayarnya
Jadi teman-teman bisa lihat juga data-data yang di munculkan juga lebih mendetail dan lebih asiik!! 😀

Brand Activity analysis

Gambar di atas menunjukkan Brand Activity versi berbayar, jadi resultnya ada menunjukkan insightnya (yang saya kotak-in)
Terlihat brand kita 1.09x lebih mantap 😀

Nahh ini makin mudah analisisnya ga bolak balik buka variablenya 😀
gambar di atas menunjukkan MP Ijo ada 910K engagement di periode sekian..
lupa ini pas screenshot range tanggalnya kapan.. hahaha
Kalau ga salah sih bulan oktober aja 😀

Dari data di atas yang banyak mendatangkan adalah tipe-tipe video, tapi disusul ga kalah gambar ya… 😀

ini yang ajibnya menurut saya
Ada Smart Insight jadi kita langsung dapet insight yang berharga dari tools ini
Jadi kita gak perlulah olah-olah data lagi..
Cukuplah tools yang benar-benar membantu kinerja kita 😀

Inga-inga.. tools hanyalah tools
gak lebih dari sebuah alat bantu

di gambar di atas bisa menunjukkan banyak variable seperti konten yang mau kita tampilkan berdasarkan apa?
nahh di atas bisa di short berdasarkan
– Latest
– Engagement
– Applause
– Amplification
– Conversation

Nahh masya Allah ya.. jadi kita bisa lihat konten kita yang OK
Begitu juga bisa lihat konten kompetitor yang OK
Dengan tipe variable paling kanan “Top Post”

Jadi variable “top post”
Konten yang paling “latest” atau paling baru itu apa aja?
Nahh maka muncullah konten-konten itu setelah di short ya
Maknyuusss!!

Lanjutt pak Ekooo?
Lajuuttt yaa 😀

Ini asik buat waktu posting
Kita dapat insight untuk posting di waktu-waktu yang mendatangkan result yang bagus
Keliahatan ya di yang ada warna-warna kuning di gambar di atas 😀
Jadi insightnya adalah = jangan posting di jam 20.00 atau jam 22.00 Hahaha

Ini mirip-mirip sama data yang uda di munculin di atas ya…
Tapi bisa lebih spesifik insight yang di munculkan
Dari contoh gambar di atas menunjukkan
– Dengan tipe variable “engagment Type”
– Yang bertipe “amplification”
– Maka MP ijo adalah lebih unggul, yang sekaligus menunjukkan bahwa brand kita 2,43x less alias di bawah si kompetitor…
#SiapinGembokUntukTimKontenBiarGakPulangSebelumResultNaik Hahahaha..

Ok ini mungkin adalah gambar terakhir dari smart insight yang bisa di dapatkan
yaitu semacam resume ya 😀
di tipe variable “insight” maka kita dapati data-data yang bagus untuk di jadikan “pegangan” untuk lakukan “tindakan” di brand kita

Alhamdulillah selesai juga berbagi info tentang tools gratis untuk analisis kompetitor Anda

Lhaa teruss nama toolsnya apa mas?
Hayooo coba cari… ada salah satu tanda baca yang bisa di klik… 😀
pelan-pelan ya nyarinya… Hahaha..

ini mau berbagi kok ga niat banget ngasih linknya ya… hahaha
gpp lah ya… namanya juga seseruan aja…
Biar beneran di baca dan di cermati kegunaan tools ini
Cocok ga untuk usaha saya?
Cocok ga untuk brand saya?
Cocok ga untuk handling klien saya?

Pokoknya semoga jualannya makin mantep dan tetap bisa struggle di era kedepan

#Digitalytics

Avatar photo
Tangguh Rifqi
Articles: 101

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  +  31  =  36