Review Tools Captain Growth AI

Kalau lah ada tools yang bisa membantu kita meng-analisis suatu data, kenapa kita ga coba minta bantu sama si tools ini. Terlebih ada AI yang bisa meng-collect data yang banyak ?? #CaptainGrowthAI

Selamat berhari libur di ahad ini 😀
Walaupun ahad tiba-tiba mengharuskan nulis dan kasih review, kayak ada yang gatel belum nulis 😀
Dan siapa tau dari review ada insight yang di dapat teman-teman yang baca ini
Siapa tau yaa… 😀

Kali ini tools yang saya review adalah salah satu dalam keseharian yang saya buka dan analisis, karena memang kegunaan tools ini adalah untuk analisis data
Bahkan untuk mengumpulkan banyak data-data yang ada di 2 traffic, yaitu Fb Ads dan Google Ads.

Terlebih tools ini ada AI nya, opo kui AI?
AI singkatan aja, kepanjangannya Artificial Intelligence
Tak bubuhi info dari wikipedia sedikit ya, ben belajar sama-sama 😀
Karena biar kita melek kedepannya akan seperti apa algoritma-algoritma ini, ben ga keblinger kalau lagi analisis data.. Hahaha

Ceunah kata wikipedia "Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial" bisa cek disini ya

Atau bisa lihat gambar di bawah ini 😀
Kayaknya lebih enak ya kalau ada visualnya

info AI dari tirto.id

Nahh udah kebayangkan AI itu seperti apa?
Jadi intinya mah njelimet aja bagi saya mah, haha..
Taunya udah jadi tinggal pake.. done!

Okehh kembali ke laptop, apa bagusnya AI yang ada di captain growth?
Ohh iya.. cek captain growth disini ya

Jadi tools ini saya pake untuk menganalisis dari banyaknya data yang ada di facebook dan mengumpulkan menjadi suatu insight "yang mahal" menurut saya
Karena tools ini memunculkan kemungkinan-kemungkinan yang kalau pake Excel oprek-opreknya hampir bisa di bilang mustahil karena pusing sama rumus-rumusnya 😀

Contoh!
Dalam 4 hari kebelakang di ads account A apakah CPA yang di dapat sesuai parameter yang kita inginkan atau tidak?
maka AI ini akan bekerja mengumpulkan data-data yang ada dan memunculkan insight-insightnya

Nahh kerennya lagi AI di captain growth ini memunculkan "faktor/indikator" apa saja yang membuat campaign ini Bagus/Tidak nya, asikkan!!?

Sekarang kita liat contoh yang ada di CG (Captain Growth) ya

Penampakan Captain Growth

Jadi gambar di atas paling keliatan adalah yang hijau dan merah ya
Yang ijo menandakan, bahwa campaign yang kita jalankan "bagus" sesuai dengan parameter yang sudah kita setting terlebih dahulu di project ini, jadi sebelum menjalankan AI ini.. kita di minta parameter CPA yang kita mau berapa 😀

Yang merah menandakan, bahwa campaign kita "tidak bagus" dari hasil parameter yang sudah kita tetapkan 😀
Nahh si CG ini yang "merumuskan" sendiri dari data-data yang ada di ads manager dan memberikan insight ke kita, joss gandos!

Sekarang kita liat fitur metriksnya ya, ada apa aja?

Metriks CG

Kebetulan yang saya setting disini metriksnya hanya untuk tipe Conversion dan Lead ya.. jadi muncul nya (yang kolom kanan) hanya 2 variable

Di Bagian kiri ada 3 option yang bisa kita pilih
Objective, ini kita bisa pilih lagi ngiklan pake tipe apa.. PPE kah, video ads kah atau yang lainnya (lihat gambar dibawah ya)

Pilihan objective untuk penentuan Goal

Kemudian hal yang penting adalah kita mau dapat insight apa aja?
nahh ini yang harus menjadi perhatian, si AI ini akan mengumpulkan data-data kita menjadi insight dengan settingan ini (cek gambar dibawah)

Tipe insight yang mau di dapat

Ok penjelasan fitur dan metriknya itu udah cukup kali ya… 😀

————————————-

Nahh sekarang yang paling asiknya,
Analisis data dari insight yang di dapat, seperti apa? cekidot di bawah gaess

Variable berdasarkan CPM

Kita fokuskan dengan yang saya kotakin ya dan ketiga varible ini hanya membahas tentang CPM (Cost Per Mille)
Jadi dati ketiga data yang di munculkan oleh CG ini aja dengan tipe/jenis variable sudah memunculkan 3 insight

Apa itu?

  1. Dalam 4 hari, CPM Anda lebih murah dari rata-rata untuk "male users in all ads", artinya CG menunjukkan bahwa CPM saya bisa murah karena ada male di semua ads saya (nanti di bawah kita buka detailnya)
  2. Dalam 4 hari, CPM Anda lebih murah dari rata-rata untuk "all ads di campaign Rohman CBO Split test", artinya dari faktor campaign ini jugalah CPM itu menhasilkan harga CPM yang lebih murah dari rata-ratanya
  3. Dalam 4 hari, CPM Anda lebih murah dari rata-rata untuk "users aged 35-44 in all ads", artinya CPM ini bisa murah juga dikarenakan ada user di umur 35-44 di semua ads.

OK, short conclusions dari data di atas adalah = coba Anda buat campaign yang tipe campaignnya seperti di no 2, kemudian target user yang male seperti no.1 dan target umurnya hanya seperti di no.3 😀

Jadi kita buatlah campaign dari hasil insight ini, apakah langsung winning dan bagus CPM nya? ya tentu Tidak pak Eko… hahaha…
ini hanyalah insight, tetep FB akan menjalankan suka-suka dia lagi.. wkwkwk

Tapi setidaknya kita sudah mendapat insight dan memudahkan untuk membuat campaign selanjutnya dari data yang di dapat dari CG ini 😀

Ok di atas ini adalah kesimpulan singkatnya,
Tapi kita coba buka salah satu aja ya… kalau semuanya makin panjang rek :v

Ada A-G yang akan di bahas di bawah

Ok kita bahas satu per satu biar bakin serruuu uprek-upreknya 😀

  • A. ini menunjukkan sudah spent berapa di variable ini, di atas kurang lebih menujukkan sudah spent 4jtan ya
  • B. Ini adalah faktor yang membuat cost CPM lebih mudah di banding rata-rata, yaitu gender "male"
  • C. ini angka CPM yang di tunjukkand di judulnya :D, bisa di lihat di bar/chart di bawahnya (ada cuman ga cukup buat di screenshot) #maaf
  • D. CPA yang di dapat menurut parameter saya ini sudah murah, jadi saya simpulkan uda OK nih resultnya walaupun ada tanda "tanda tanya" artinya itu datanya ceunah kurang cukup untuk di dijadikan insight, tapi aku rapopo 😀
  • E. Conversion Ratenya ada warna merah di grafiknya, artinya walaupun dengan CPM yang murah tapi CR nya masih kurang OK dari rata-rata yang ada
  • F. CPC di 1200-an dan ada tanda ceklis biru artinya masih normal.. walaupun kalau bagusnya itu di bawah 1000 ya… :D, tapi aku rapopo lagi 😀
  • G. CTR nihh yang kurang Kece, masih di bawah 1%, jadi muncullah tuh grafik merahnya.. hahaha…

Nahh… jadi kita bisa oprek-oprek nih dari insight diatas, dengan CPM murah di atas, tapi CPC masih normal, CTR kudu di naekin lagi berikut Conversion Ratenya harus di naekin juga, cara naekinnya gimana?
Kalau ini bahasannya next lagi ya 😀

lhaa pak, data ini juga ada kali di Dashboard… iya betul pak eko!!
kalau liatnya 1 campaign aja enak… lhaa kalau semua adset di liat dan di simpulkan jadi 1 data? (liat gambar di bawah)

ada 16 adset yang di munculkan menjadi 1 insight

OK gambar di atas menunjukkan ada 16 adset yang memberikan insight yang sama
Alias faktor-faktornya itu yang ada kesamaan/kemiripan, dan ini harus di cek lagi ke adset masing-masing, apa iya ini kok bisa sama?

Alhamdulillah mungkin cukup kali ya review Captain Growth AI kali ini
semoga bisa mendapatkan insight dari tools ini

Singkat review, Kelebihannya kita bisa dapat insight data buanyaaak banget, tapiiii kita harus pinten-pinter untuk analisa dan milah milih..
Karena insight hanyalah insight, tetep point utamanya ada di end result…
Sebagai contoh, misal hasilnya negative, tapi di end result bagus? yooo jalanin aja.. hahaha

Kekurangannya? hmmmm… apa ya? mungkin belum ada untuk jenis tools yang collect data sebanyak ini

Oiaa ada update terbarunya, di dalam tools yang bertipe ini udah ada automationsnya juga, jadi kita mau meneruskan campaign atau kill campaign uda bisa juga 😀
(salah satu request saya ke tim developernya) 😀

ceunah kata yang bikin sepertini ini

?? The deepest analysis of your ads done by the AI
? A detailed recommendation what to do for each opportunity
?2 clicks to apply any action, even the most complex one

wokeehhh sudah dulu yaa…
Makasih udah mau baca dan akan kita lanjut ke tools-tools lainnya yang buat hidup makin hidup gaesss!!!

Avatar photo
Tangguh Rifqi
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37  +    =  41