Workshop Data-Driven for Digital Marketing Team
Anda Bingung Menaikkan Omzet?!
Sering terjadi di saya, mungkin Anda juga
Dan Anda mencari kemana-mana insight agar bisnis Anda bertumbuh, Bahkan keseringan ngopi tapi belum dapat solusi yang bisa di terapkan ke tim secara langsung 🙁 #RUNGKAD
💢 Laporan Laba/Rugi ujungnya minus/merah!
💢 Gaji tim harus dibayarkan
💢 Stok produk banyak dan mandek!
💢 Belum bayar sewa kantor
💢 Belum pajak dan beban biaya lainnya
💢 Belum lagi masalah teknis lainnya
💢 Terlebih partner berkhianat
💢 Ditambah suplier maen sendiri dan cutting harga di end user
Sedangkan dihadapkan tim harus dipertahankan
Dan ini satu-satunya usaha yang diandalkan!
Hufffttttt... #RungkadBeneran
Alhamdulillah saya mengalami juga, pusing dan tidur gak tenang.. ampuuuun!
Kalau Anda mengalami hal yang sama..
yaa senasib lah kita... #RungkadBareng 😫
Tapi alhamdulillah saya dan tim mencari solusi dan berusaha bertahan,
Mencari apa-apa aja yang bisa di pertahankan dan dinegosiasikan
Point-point apa aja yang menjadi keputusan yang harus cepat dan memiliki dampak besar
Untuk itu saya dan partner saya Arna akan membahas masalah ini dari sisi Data-Driven dan Digital Marketing untuk tim
Kenapa ada timnya?
Yaaa karena mempertahankan dan mencari orang yang tepat dengan value kita itu butuh perjuangan dan proses yang memakan waktu...
Dan untuk bertumbuh menjadi besar Anda pasti butuh tim, gak bisa sendirian...
Sebagai contoh saya memiliki tim after sales yang biasa disebut CRM
Disini salah satu titik terpenting dalam suatu bisnis atau jualan...
Gak dimana-mana...
Anda bisa lihat
Produk kita atau jualan kita ingin mendapatkan customer yang masuk kategori loyal atau sesuai gambar diatas sebagai evangelist...
Bahkan sampe diehard di produk kita
karena disitu nafas kita..
disitu harapan kita untuk mendapatkan profit kedepannya
Hampir customer journey pebisnis online seperti ini dalam mengakuisisi customer baru
Dari perjalanan itu banyak sekali yang harus di perhatikan pebisnis seperti Anda dari mulai sampai dengan ujung untuk bisa mendapatkan profit!
Untuk itu dari semua journey di WS ini kita akan bedah lebih deep lagi dari masing-masing journey itu...
belum aja ada journey evalusi tim
sistem apa yang digunakan untuk operasional
menjaga KPI tim
finance reporting
dan metrik bisnis lainnya yaa...
Buanyak ternyata... hahahaha
Tapi untuk itulah adanya kelas ini membuat menjadi lebih mudah dalam menganalisa dan mengambil keputusan untuk strategi cepat dan langkah yang tepat
Dari gambar diatas adalah program untuk ujung dari semua journey bisnis kita yang mengarah ke Customer Evangelist
Dari contoh data diatas kita akan buatkan program-programnya
Yang jadi pertanyaan:
- Dari mana data ini datang?
- Prosesnya seperti apa?
- Langkah apa yang harus diambil dari data ini?
- Cara baca datanya gimana sih?
- Ini pake tools apa?
- Fungsinya apa yang kuning dan ijo di tabel itu?
- Atau bahkan ada yang nanya... ini apaan mas? gak ngerti saya..
Nahhh..
saya munculkan gambar data ini dari screenshoot di spreadsheet
Insya Allah pebisnis seperti Anda familiar dengan tools ini
Karena gratis dan berbasis cloud
Nanti ada tools gratis lainnya yang membantu untuk memvisualisasikannya
agar Anda sebagai pebisnis atau pengambil keputusan lebih mudah menganalisisnya
Salah satu contohnya dibawah ini
Nahh ujungnya dari proses Digital Marketing bersama tim dan menggunakan data adalah salah satunya gambar diatas
1. Kita bisa tau ada kenaikan gak produk?
dari data diatas keliatan ya ada kenaikan 19.8% dari keseluruhan produk
2. Total omzet
Wahh ternyata ada kenaikan juga sebesar 21,9% dibanding bulan lalu
3. Omzet boleh naik, tapi gross margin gimana?
nahh kalau punya report seperti ini kita tau ada tuh dapet 62,9%
4. Yang mana spending ads malah mengalami penurunan
padahal omzet naek dan profit naek, tapi spending turun.. asikkan?
yang bikin asik ya karena ada datanya
dan jadi tau harus berbuat apa dari data ini untuk planning bulan depan atau per quartal sekalipun
Dari info diatas mendatangkan pertanyaan???
- Gimana proses bikinnya mas?
- Saya uda perlu belum?
- Apapun pertanyaan yang ada di pikiran Anda, yang pasti apa iya WS ini bisa berdampak untuk bisnis saya?
itu kan yaa intinyaa... 😆🤩
Saya lihat enak banget itu bertumbuh mas?
Gimana emang data sebelumnya?
Wainiii mesti di beri paham... #maenkan
Jadi bukan tiba-tiba bisnis itu bisa winning dan running well...
kalau begitu ceritanya yaa enak banget...
Tapi kalau minus dan merahhhhhh beberapa bulan bisa rungkad bro!
kalau ga segera analisis mendalam dan di breakdown di semua divisi dan printilan task masing-masing individunya
- Dari gambar diatas keliatan produk ya turun jadi -52,4%
- omzet otomatis turun di -56%
- spending melemah pula di -27.7%
- ditambah gross profit semakin dropppppp, minus 65,2%
Ampunnnn kalau uda begini... 😫
Tapi kita uda bisa lihat report ini day by day
tau trendnya dan masalahnya dimana....
minimal kita bisa antisipasi
Jadi kita belajar apa aja di workshop ini mas?
Insya Allah langsung isi aja form dibawah ini...
CS nanti FU untuk detailnya
atau nunggu lengkap nanti LP nya.. hehehehe...
masih disusun penyajian materi yang powerfull dan mudah pengaplikasiannya
Waiting List Untuk Next Event disini ya...
Oiaa.. Event dengan seat terbatas saat ini karena ruangan ya
- 30 peserta
- Plan Event akan di Jakarta/Bandung 😄😍 (Hasil request temen-temen yang lebih jauh)
- Hari apa mas?
Menyusul ya...
Siapa pembicaranya?
Tangguh Rifqi
Digital Marketing Enthusiast
Materinya apa aja?
✅ Fundamental Digital Marketing Team (Karena kalau semua bahas digital Marketing Akan Luas. Fokus Ke Generate Revenue)
✅ Gimana Rekrutment Tim Digital Marketing?
✅ SOP tim Digital Marketing apa aja?
✅ KPI tim Digital Marketing
✅ Cari yang uda jadi dan Expert atau bisa mulai dari nol membangun timnya?
– Materi lainnya menyusul
Tangguh Rifqi
Digital Marketing Enthusiast
Materinya?
Arna Ramadhan
Statistician Die Hard
Materinya apa aja?
✅ what is data?
✅ mengapa data begitu penting?
✅ haruskah jadi seorang data analyst/scientist?
✅ data literacy
✅ apa itu data analytics?
✅ data analytics proses
✅ types of data analytics
✅ data analytics tools
✅ implementasi data analytics in digital marketing
✅ digital marketing data metrics (adv/cs/crm) customer (rfm analysis, *feedback analysis-sentiment-text mining jika memungkinkan/optional)
✅ product analysis + development (market basket analysis, *conjoint jika memungkinkan/optional)
✅ a/b test (hidden game dari a/b test)
✅ forecasting/prediction
✅ transform insights to strategies (feat Tangguh)
✅ digital marketing data analytics using spreadsheet
✅ reporting & dashboard for digital marketing data (*jika memungkinkan kecukupan waktu/optional)
Keterangan:
• = jika memungkinkan, tapi yang teori atau basic insya allah disampaikan. Bisa juga sebagai supplement yang bersifat tambahan.
Arna Ramadhan
Statistician Die Hard
Materinya?
Update Materi
teori-> demo praktek-> strategi dari berbagai analytics 💪🔥
- Evaluasi monitoring: dashboard looker
- Customer: cohort, rfm, clv
- Marketing science meta: prophet, robyn
Salam kenal dari saya Tangguh dan Arna
Karena tak kenal maka Ta'aruf yaa.. 😁
Insya Allah dikelas nanti kita akan kenal lebih dekat dan melihat cara berfikir kita dalam solving suatu problem dan pengambilan keputusan dalam bisnis untuk dijadikan strategi based on data
Partner yang pernah bekerjasama dengan Kami
Untuk handling Data-Driven dan Digital Marketing Team
Masih bingung dengan penjelasan diatas?
Silahkan simak video ini 🙂
FAQ
Beberapa Pertanyaan Yang Sering ditanyakan
Lokasi di Jakarta atau Bandung
- akses bisa naik kereta Api
- akses mobil bisa lewat Tol
Menyusul yaa…
Insya Allah bisa, dengan memperhatikan penjelasan lebih rinci disini
Belum ya, akomodasi dan hotel bisa pesan masing-masing. Bisa di hotel yang sama dengen event atau berbeda. Misalpun beda gpp, karena radius hotel lainnya berdekatan ada juga.
Insya Allah bisa donk, isi aja form, nanti konsultasikan sama Mimin yaa.
Silahkan cek ulang diatas sudah dipapaparkan
Silahkan bisa kontak Admin setelah mengisi form ya, karena akan ada update untuk detailnya di Admin
Menyusul ya… 🙂